Rabu, 21 Februari 2024

Kerupuk Basah: Camilan Khas Jawa Tengah yang Gurih dan Renyah


 Kerupuk Basah adalah camilan khas Jawa Tengah yang terbuat dari campuran tepung tapioka, air, dan bumbu-bumbu rempah, kemudian digoreng hingga mengembang dan menjadi kerupuk yang lembut namun tetap renyah. Hidangan ini sering disajikan sebagai camilan tradisional atau pelengkap dalam hidangan nasi rames atau nasi kuning. Berikut adalah resep sederhana untuk membuat Kerupuk Basah versi rumahan:

Bahan-bahan:

200 gram tepung tapioka

100 ml air

2 siung bawang putih, haluskan

1 sendok teh ketumbar bubuk

1 sendok teh garam

Minyak untuk menggoreng

Bumbu Pelengkap (Opsional):

Sambal kecap

Bawang merah goreng

Irisan cabai rawit

Cara Membuat:

Membuat Adonan: Campur tepung tapioka, air, bawang putih, ketumbar bubuk, dan garam dalam mangkuk besar. Aduk hingga adonan tercampur rata dan tidak bergerindil.

Menggoreng Kerupuk: Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Ambil satu sendok adonan dan tuang ke dalam minyak panas. Biarkan adonan mengembang dan membentuk kerupuk. Goreng hingga kecokelatan dan kering. Angkat dan tiriskan.

Penyajian: Sajikan Kerupuk Basah panas dengan bumbu pelengkap seperti sambal kecap, bawang merah goreng, dan irisan cabai rawit.

Kerupuk Basah adalah camilan yang lezat dan cocok dinikmati sebagai teman makan atau camilan di waktu senggang. Selamat mencoba!















Deskripsi : Kerupuk Basah adalah camilan khas Jawa Tengah yang terbuat dari campuran tepung tapioka, air, dan bumbu-bumbu rempah, kemudian digoreng hingga mengembang dan menjadi kerupuk yang lembut namun tetap renyah. 
Keyword : kerupuk basah, resep kerupuk dan resep

0 Comentarios:

Posting Komentar